Faktor Pemicu Terjadinya Serangan Asma

Penyakit Asma

Penyakit Asma

Asma merupakan penyakit jangka panjang yang dapat menyebabkan penderitanya sulit bernafas, batuk batuk, dan mengalami mengi ketika kambuh. Tingkat keparahan penyakit ini berbeda beda pada setiap orang dan umumnya dapat dikendalikan dengan baik.

Asma terjadi ketika saluran nafas atau bronkus mengalami radang. Bronkus yang berbentuk seperti tabung kecil ini berfungsi untuk membawa udara masuk dan keluar dari paru paru. Bronkus penderita asma pada umumnya lebih sensitif dari orang orang lain dan lebih gampang mengalami radang sehingga terjadi penyempitan saluran tempat udara lewat.

Faktor Umum yang Menjadi Pemicu Serangan Asma Pada Seseorang

Pengertian pemicu di sini adalah segala sesuatu yang dapat mengiritasi saluran nafas yaitu apa pun yang nantinya mengarah kepada munculnya gejala asma Pemicu umum asma pada tiap penderitanya berbeda beda.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi pemicu umum asma diantaranya bulu hewan, udara dingin, debu, asap rokok, serbuk sari, infeksi paru paru, dan olah raga. Beberapa aktivitas tertentu seperti pekerjaan juga dapat memperburuk asma.

Ada beberapa pemicu gejala asma namun pemicu tersebut berbeda bagi tiap penderita. Jika sudah mengetahui apa pemicu asma Anda cobalah untuk menghindarinya. Berikut ini adalah sejumlah pemicu asma:

  1. Alergen, seperti bulu hewan, tungau debu, dan serbuk sari.
  2. Infeksi saluran nafas paru paru yang umumnya disebabkan oleh virus, flu, dan demam.
  3. Obat-obatan seperti obat anti inflamasi non steroid (obat pereda sakit) seperti aspirin dan ibuprofen. Sebagai catatan, aspirin sebaiknya tidak diberikan kepada anak anak di bawah usia 16 tahun.
  4. Iritasi udara, seperti uap kimia, asap rokok, dan polusi udara.
  5. Faktor cuaca, seperti cuaca dingin, cuaca berangin, cuaca panas yang didukung kualitas udara yang buruk, cuaca lembab, dan perubahan suhu yang drastis.
  6. Makanan atau minuman yang mengandung sulfit (zat alami yang kadang kadang digunakan sebagai pengawet makanan) seperti selai, udang, makanan olahan, makanan setengah matang, minuman sari buah kemasan, dan beberapa wine tertentu yang hanya memicu orang orang yang rentan.
  7. Olahraga, kadang kadang gejala asma menjadi lebih buruk saat penderitanya melakukan olah raga yang berat.
  8. Kondisi dalam ruangan, seperti ruangan yang lembab atau berjamur, bahan lantai, bahan kimia karpet, dan tungau debu.
  9. Faktor faktor emosi seperti stress, sedih, menangis, atau bahkan tertawa karena senang dapat memicu asma kambuh.
  10. Alergi makanan tertentu yang disebut juga sebagai reaksi anafilaksis. Contohnya adalah penderita asma yang alergi terhadap kacang kacangan. Reaksi anafilaksis dapat memicu serangan asma yang lebih buruk pada penderitanya.

Baca Info tentang Obat Herbal Asma yang Paling Ampuh.

Demikian beberapa faktor yang dapat memicu asma anda kambuh, semoga artikel ini dapat membuat kita lebih waspada dalam mengenali hal hal apa saja yang dapat menyebabkan asma kambuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *