Khasiat Buncis Untuk Kesehatan

Khasiat buncis

Khasiat buncis

Tahukah anda apa saja khasiat buncis? Sayuran yang satu ini nampaknya sudah cukup familiar di telinga kita semua. Buncis merupakan jenis sayuran yang masih termasuk dalam polong-polongan. Sehingga manfaat dari buncis sendiri masih tidak terlalu jauh dari manfaat kacang panjang.

Perbedaan antara buncis dan kacang panjang adalah rasanya yang lebih manis dan memiliki kandungan air yang lebih banyak. Buncis sudah sering disajikan menjadi menu sehari-hari karena pengolahannya yang mudah.

Buncis bisa diolah dengan cara ditumis, direbus, atau menjadi campuran dalam sup. Mencari buncis di pasar juga bukanlah hal yang sulit. Berikut ini akan dibahas langsung mengenai manfaat positif buncis.

Kandungan Gizi di Dalam Buncis
Nampaknya bukan rahasia lagi jika banyak sayuran yang mengandung vitamin C. Salah satunya adalah buncis. Ini merupakan salah satu khasiat buncis untuk kesehatanyang paling menonjol. Vitamin C larut dalam air, sehingga dapat berguna untuk menyembuhkan luka, meningkatkan kekebalan tubuh, dan sekaligus membantu produksi kolagen.

Buncis sendiri memiliki kandungan vitamin C 60 miligram per 100 gram porsi. Buncis juga memiliki kandungan serat yang berpengaruh terhadap khasiat buncis. Serat yang terdapat dalam buncis berguna untuk mengontrol kolesterol dan kadar glukosa darah, serta bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan.

Berikutnya adalah vitamin A. Kandungan vitamin yang satu ini dalam buncis dapat menjadi antioksidan yang baik untuk meningkatkan penglihatan yang baik serta menjaga jaringan ikat yang kuat. Buncis sendiri memiliki kandungan sekitar 1087 unit vitamin A, per 100 gram.

Sedangkan asupan vitamin A yang direkomendasikan adalah 900 mikogram per hari untuk laki-laki di atas usia 14 dan 700 mikogram per hari untuk wanita pada kelompok usia yang sama. Khasiat buncis yang selanjutnya ada pada kandungan vitamin K.

Vitamin yang satu ini dapat larut dalam lemak. Vitamin K juga dikenal dengan kemampuannya untuk mempromosikan pembekuan darah. Ada juga kandungan vitamin B di dalam buncis yang berguna untuk memecah protein, karbohidrat, lemak dan menjadi energi yang bisa membantu fungsi saraf. Sekaligus meningkatkan produksi sel darah merah.

Kandungan gizi yang ada dalam buncis memang bisa dikatakan lengkap. Sehingga tidak heran jika khasiat buncis juga semakin beragam. Buncis juga memiliki kandungan zat besi dan mangan yang memiliki fungsi tertentu dalam tubuh. Zat besi baik untuk transportasi oksigen. Sedangkan mangan dapat digunakan untuk penyerapan kalsium, produksi hormon, dan fungsi saraf.

Kemudian, buncis juga dapat mengatasi gejala diabetes. Kemampuan buncis yang satu ini datang dari zat bernama stigmaterol dan sitisterol yang dapat meningkatkan produksi insulin dari pankreas. Insulin ini juga akan mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Semakin banyak produk insulin, maka kadar gula darah juga akan semakin turun.

Buncis juga memiliki kandungan asam folat yang sangat baik. Seperti yang sudah sering dibahas, asam folat merupakan zat yang diperlukan oleh ibu hamil. Terutama dalam masa awal kehamilan. Asam folat diperlukan untuk mencegah bayi lahir cacat.

Selain itu, asam folat juga dapat membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Masih ada lagi khasiat buncis lewat asam folat yang bermanfaat untuk seorang ibu. Setelah melahirkan, asam folat masih diperlukan untuk melancarkan ASI. Untuk mengoptimalkan khasiat yang satu ini, sebaiknya mengkonsumsi buncis yang masih berusia di bawah satu tahun atau yang dikenal pula sebagai baby bean.

Buncis sangat kaya akan pitosterol dan ß-sitosterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa sayuran seperti kacang-kacangan, buah-buahan, serta sereal yang kaya akan sterol dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin K dalam buncis juga masih bermanfaat untuk membangun masa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteo-trofik dalam tulang. Hal ini juga akan membatasi kerusakan saraf pada otak.

Itulah beberapa khasiat yang bisa anda rasakan dari buncis. Sayuran ini sebenarnya memiliki banyak variasi. Tetapi di Indonesia sendiri lebih dikenal variasi buncis yang berwarna hijau. Demikianlah artikel mengenai khasiat buncis untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *