Khasiat Kentang Bagi Tubuh Manusia

Tahukah anda apa saja khasiat kentang untuk kesehatan? Mungkin belum terlalu banyak yang tahu akan hal ini. Sudah sejak lama kentang dimanfaatkan sebagai bahan makanan oleh orang-orang. Di beberapa negara kentang bahkan menjadi makanan pokok para penduduk. Hal ini karena kandungan karbohidrat dalam kentang yang cukup tinggi, menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Kentang sendiri termasuk keluarga umbi-umbian yang berasal dari Amerika dan telah dibudidayakan pada negara-negara lain termasuk Indonesia. Selain memiliki kandungan karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati dan kalsium serta mineral-mineral penting lainnya.

Manfaat Kentang sebagai Makanan Sehari-hari

Ternyata kentang dapat bermanfaat untuk mencegah kanker. Hal ini berkat kandungan vitamin B6 yang ampuh untuk melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang dapat memicu kanker prostat dan kanker rahim. Sudah banyak studi yang membuktikan khasiat kentang untuk kesehatan yang satu ini. Selain itu kandungan zat potasium dalam kentang juga berguna untuk mengurangi kadar kolesterol. Zat potasium menghalangi pembentukan kolesterol dalam darah. Maka dari itu kentang seringkali masuk ke dalam menu diet. Kalori yang rendah pada kentang bisa menjadi menu diet rendah kolesterol. Tentunya pengolahan kentang dilakukan tanpa digoreng. Penggunaan minyak justru akan meningkatkan kolesterol dalam tubuh anda.

Kentang ternyata juga memiliki kandungan zat besi yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan. Selain zat besi, kandungan kalsium, fosfor, magnesium, dan seng pada kentang menjadi kombinasi sempurna untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang. Khasiat kentang untuk kesehatan yang selanjutnya adalah untuk mengurangi resiko batu ginjal. Kentang memang memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang dapat memicu pembemntukan batu ginjal. Tetapi magnesium yang kaya pada kentang dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Kentang seringkali menjadi menu diet bagi orang-orang penderita batu ginjal. Kandungan kalium, magnesium, dan kalsium pada kentang juga menjadi zat terpercaya yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Beberapa zat gizi yang ada pada kentang sangat baik untuk mendukung kinerja jantung yang sehat. Beberapa diantaranya seperti serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6. Kentang juga tidak memiliki kandungan kolesterol tinggi sehingga baik untuk jantung. Vitamin B6 pada kentang menjadi salah satu vitamin yang dibutuhkan dalam melakukan pemrosesan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk membentuk sel dalam tubuh. Vitamin B6 dibutuhkan lebih dari 100 reaksi enzimatik, enzim sendiri adalah protein yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Sebagian besar protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Untuk itu vitamin B6 ini juga dibutuhkan untuk pembuatan sel sel baru dalam tubuh kita. Demikianlah khasiat kentang untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *