Penyebab Jantung Bengkak

Penyakit jantung bengkak merupakan terjadinya gangguan otot jantung yang mengalami kelonggaran dan dinding otot jantung menjadi menebal. Gangguan pada otot jantung tersebut disebabkan oleh suatu kondisi yang membuat jantung harus memompa lebih keras lagi dari biasanya. Nah kita akan membahas penyebab penyebab jantung bengkak, berikut beberapa penyebab yang memaksa jantung untuk bekerja lebih keras sehingga mengalami pembengkakan jantung :

  1. Darah tinggi ( hipertensi )

Hipertensi atau dengan tingginya tekanan darah seseorang akan membuat jantung memompa darah lebih keras lagi untuk memenuhi asupan darah ke seluruh tubuh. Apa bila hal ini tidak di tangani maka akan menyebabkan penebalan pada otot otot jantung.

  1. Gangguan pada katup jantung

Jantung memiliki 4 katup di mana katup itu berfungsi untuk menjaga aliran darah mengalir sesuai jalurnya. Katup bisa mengalami gangguan yang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kelainan pada jantung, gangguan jaringan ikat, obat obatan keras, dan lain lain, maka hal ini dapat membuat jantung membengkak.

  1. Penyakit kurang darah merah (anemia).

Anemia atau penyakit yang disebabkan oleh kekurangan darah merupakan suatu kondisi dimana tidak cukupnya sel sel darah merah yang mengalir di dalam tubuh manusia sehingga asupan oksigen tidak terpenuhi sebagaimana mestinya. Karena kurang nya asupan oksigen tersebut maka jantung harus memompa darah lebih keras lagi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh guna memenuhi asupan oksigen, hal ini dapat membuat otot jantung menjadi membengkak.

  1. Amiloidosis

Amiloidosis merupakan salah satu penyakit langka yang dapat mempengaruhi fungsi jantung. Kondisi ini terjadi akibat dari terdapatnya protein abnormal dalam darah yang kemudian disimpan di dalam jantung, hal ini tentunya dapat mengganggu fungsi jantung yang membuat pembengkakan pada jantung.

Pencegahan Jantung Bengkak

Setiap dari penyakit penyakit pasti ada yang namanya pencegahan, dengan mencegah dari penyebab penyakit tersebut maka anda akan terhindar, sama hal nya dengan penyakit jantung bengkak ini. Berikut beberapa pencegahan yang dapat anda lakukan untuk menghindari penyakit jantung bengkak:

  1. Jaga berat badan, jangan sampai obesitas.
  2. Kurangi asupan garam dari makanan yang anda makan.
  3. Lakukan pengecekan hipertensi, agar dapat terkontrol.
  4. Hindari pengkonsumsian alkohol dan minuman berkafein.
  5. Tidur teratur dan cukup.
  6. Lakukan kegiatan fisik atau olah raga rutin yang dapat menyehatkan jantung.

Baca juga artikel obat herbal jantung bengkak.

Itu lah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung bengkak ini, memang terlihat cukup mudah, lakukan lah demi kesehatan jantung anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *